Cek Bansos Cair Hari Ini, Berikut Cara Daftar Bansos Lewat HP Terbaru 2024 Beserta Syaratnya

ANSOR REMBANG – Bantuan Sosial (BANSOS) merupakan salah satu program pemerintah yang memiliki tujuan mulia, yaitu membantu masyarakat yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Di tahun 2024, program BANSOS di Indonesia terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan sesuai dengan kondisi serta kebijakan yang berlaku.

Program ini mencakup bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat rentan, seperti fakir miskin, lanjut usia, anak-anak terlantar, penyandang disabilitas, serta korban bencana alam atau sosial.

Pemerintah kini terus melakukan perbaikan dalam penyaluran bansos, salah satunya KPM bisa melihat cara daftar bansos online.

Maka dengan ini diharapkan nantinya pemerintah mampu menyaring aspirasi dari bawah untuk KPM yang lebih berhak.

Pasalnya, untuk saat ini pendaftaran bansos hanya dilakukan oleh pendamping sosial saja dan banyak masukan bahwa terdapat KPM yang tidak sesuai dengan adanya masukan dan evaluasi tersebut.

Maka pemerintah terus memperbaiki sistem yang ada dalam Kementerian Sosial, khususnya sebagai updating bansos Terlebih lagi untuk saat ini, di tahun 2024 anggaran Bansos pemerintah naik sebesar 20 triliun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, saat berada di dalam rapat dengan DPR RI.

Dalam rapat tersebut Sri Mulyani mengatakan bahwasanya di tahun 2024 ini anggaran bansos yaitu sebesar 496 triliun Yang mana, anggaran tersebut dibagikan untuk beberapa bantuan sosial yang melalui beberapa Kementerian yang ada di Kepemerintahan Indonesia.

Adapun beberapa Bansos yang di tahun 2024 ini telah mengalami pencairan, yaitu bansos atensi yatim piatu, PKH, BPNT, PIP, CPP Beras 10 Kg, dan bantuan per makanan siap saji.

Meskipun sudah terdapat data DTKS, namun ternyata masih banyak KPM yang merasa lebih berhak menerima beberapa bantuan tersebut.

Sehingga kini pemerintah juga memberikan layanan daftar Bansos online 2024.

Adapun beberapa caranya yaitu sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi Cek Bansos di play store atau apps store
  • Buat akun baru lalu isi data diri dengan benar
  • Unggah KTP dengan Selfie Jika sudah selesai
  • Klik “daftar usulan“
  • Masukan data diri anda dengan lengkap sesuai dengan KK dan KTP
  • Maka Kemensos akan melakukan Verifikasi

Adapun beberapa syarat penerima bansos yaitu :

  • WNI (Warga Negara Indonesia
  • Tidak terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos
  • Tidak termasuk anggota Polri, ASN, TNI
  • Tidak termasuk penerima Kartu Prakerja, BLT subsidi gaji, BLT UMKM

Dengan adanya berbagai jenis BANSOS serta pemenuhan kriteria dan prosedur pendaftaran, diharapkan dapat membantu meringankan beban dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan di tahun 2024.

Program ini menjadi salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya yang membutuhkan dukungan dan bantuan sosial.

Sumber: Berita Bungko Desa

Pos terkait